setiap orang punya karakteristik


di sekolah tempat gue ngajar ada 10 kelas; 3 kelas 7, 3 kelas 8 dan 4 kelas 9. alhamdulillah gue ngajar di hampir semua kelas. dan selama hampir 4 bulan ini gue kerja di sana, gue dikenal banyak murid dan dekat dengan mereka, yang awalnya selalu dimulai dari "KPOP". ga semua kelas ngomongin KPOP sih, ada beberapa murid yang deket sama gue untuk nanya pelajaran, curhat masalah pribadi mereka dan yang lebih banyaknya lagi adalah kepo masalah pribadi gue (wabil khusus murid lakinya).

dari 10 kelas yang ada kelas yang gue pegang dan menjadi tanggung jawab penuh gue adalah 5 kelas, 3 kelas 7 dan 2 kelas 8, serta 2 kelas 9 saat Pendalaman Materi - yang ini sih sementara aja.

setiap angkatan, setiap kelas dan setiap orang pasti punya karakteristik yang beda. tapi dari 9 kelas (3 kelas 7, 2 kelas 8, 4 kelas 9) yang pernah gue masuki rata-rata sama. yang laki-laki matanya selalu tertuju sama gue, sedangkan yang perempuan selalu nanya "ibu suka KPOP ga?". bukannya gue ga suka jadi perhatian laki-laki, cuma risih aja kalo setiap masuk dan ngajar mereka terus ngeliatin gue tanpa paham materi yang gue jelasin. dan disela KBM ada yang nanya "bu, lebih milih BTS atau EXO?" atau sesuatu yang semacamnya. ya lo tau lah kalo perhatian gue itu mudah banget untuk teralihkan dan akhirnya gue ga ngajar.

tapi dari 10 kelas itu, ada satu kelas yang sama sekali engga "tertarik" sama gue. awalnya gue seneng karena mereka ga begitu peduli kaya kelas lainnya. tapi ternyata mereka ga pedulinya bener-bener ga peduli. nganggep ada guru aja engga apalagi ngerjain soal yang gue suruh. dan itu ngebuat gue down seketika, di kelas itu juga, di depan semua murid. dari awal emang gue ga begitu suka sama kelas itu sih, dan kelas itu keliatannya terlalu sibuk dengan diri sendiri.
ini kejadian yang baru gue alami tadi, saat masuk kelas biasanya kelas tuh rame, anak lakinya pada berseru "yeeee Bu Indah yang masuk" dan yang perempuan pada bilang "bu ayo kita lanjutin materi yang kemaren bu". tapi tadi saat gue masuk kelas itu untuk pertama kalinya suasanya kelas itu KRIK banget dan rada suram. dari awal  mungkin gue ga bisa cepat berbaur sama mereka, lain halnya dengan kelas lain yang welcome sama gue. bahkan sama yang ga gue ajar sekali pun.

di setiap sekolah pasti ada salah satunya yang kaya gitu. dan itu yang harus jadi penyemangat untuk lebih baik lagi. 

ahhh!
ada satu cerita lagi, di kelas 9 ada sekitar 5 anak laki yang super duper sweet. di kelas 9A 2 orang, mereka suka banget ngebuat gue senyum sampe ketawa terbahak-bahak sendiri liat tingkahnya dan dibuat melayang dengan sanjungannya setiap kali gue lewat depan kelas mereka. ada 1 orang di kelas 9B, satu anak rusuh yang kerjaannya setiap hari nanya "bu besok boleh berenang ga?", anak yang selalu ngomongnya dibalik-balik bikin gue pusing nanggepin dia ngomong, dan tingkahnya yang luar biasa daebak, ngebuat dia berkesan untuk gue. dan 2 orang dari kelas 9C, padahal gue baru masuk kelas mereka satu kali saat PM dan satu kali saat ngawas UAS kemarin. tapi dari kurang lebih 28 siswa di kelas itu, 2 orang ini yang paling sering bikin ketawa, ya biasanya sih anak yang paling bandel. DAN MEREKA ADALAH TOP 5 LAKI DI KELAS 9 VERSI GUE. untuk yang perempuannya ga ada, karena mereka semua the best.

sekian cerita hari ini,
see you soon!

Comments